Jumat, 02 Desember 2011

Renungan Tahun Baru Hijriyah


Awal bulan tahun baru hijriyah adalah bulan Muharram,pada bulan ini banyak peristiwa yang terjadi,dan menjadi momentum penting untuk muhasabah dan tadabbur untuk meraih prestasi sejati dari sang pencipta dan yang menentukan segala keinginan setiap insan untuk mendapatkan fadhilah( anugerah) yang luas dalam bingkai keridhaan Ilahi,sehingga kita sampai derajat hamba yang mendapatkan cinta dan kasih sayangya. Dan kita harus menyadari dan sadar-sesadarnya, bukankah Rasulullah telah memotivasi kita, dengan pernyataannya “Jika Allah mencintai Kita, pasti apa yang kita inginkan pasti dikabulkan oleh Allah,dan jika Kita minta perlindungan pasti Allah melindungi kita, dalam teks Nabi :
اِنْ دَعَوْهُ اَجَابَهُمْ وَاِنِ اسْتَعَاذَهُ اَعَاذَهُمْ
            Peristiwa-Peristiwa yang terjadi pada bulan Muharram yaitu:
1..اِنْتِقَالُ الْقِبْلَةِ مِنَ الْمَسْجِدِ الْاَقْصىَ اِلَى الْمَسْجِدِ الْحَرَامPindahnya kiblat dari Masjidil Aqsa(di Palestina)ke Masjidil Haram(Di Mekkah) hal ini diabadikan dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 144:
قَدْنَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَاءِفَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَىهَافَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَالْمَسْجِدِالْحَرَامِ وَحَيْثُ مَاكُنْتُمْ فَوَلُّوْاوُجُوْهَكَمْ شَطْرَهُ ْ
Artinya:Sungguh Kami sering melihat mukamu menengadah ke langit,maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu senangi,maka palingkan mukamu kea rah Masjidil haram.

1 komentar:

  1. Subhaanallaah.. Antum punya blog ya ustaadz? Blog saya: http://ibnushofwanal-atsari.blogspot.com/ Terus berkarya ustadz, ummat ini masih butuh ulama seperti antum....

    BalasHapus